PUSAT PENGEMBANGAN PENDAMPING USAHA KECIL DAN MENENGAH

  

 

PUSAT PENGEMBANGAN PENDAMPING USAHA KECIL DAN MENENGAH
BUAH SINERGI PEMERINTAH DAN PERBANKAN

“Short sentences drawn from long experiences” kata penyair Spanyol terkenal Miguel De Cervantes, merupakan sebuah kalimat yang mengandung makna sangat dalam untuk menggambarkan bagaimana butiran-butiran pelajaran hidup, baik bagi seseorang maupun entitas tertentu diperoleh setelah melalui proses perjalanan panjang. Kalimat inilah yang saya rasa sangat pantas untuk menggambarkan kehadiran  P3UKM dalam kiprahnya untuk memberdayakan UMKM di Jawa Barat. Senyatanya, P3UKM yang pada awal pendiriannya diragukan dapat bertahan lama oleh beberapa kalangan, ternyata melalui sebuah proses perjuangan yang penuh dengan pengabdian kepada pelaku UMKM dapat membuktikan diri tetap eksis dan berprestasi sampai dengan hari ini. Satu-satunya di Indonesia dan hanya ada di Jawa Barat.
Berawal dari ide untuk mengembangkan Service Provider Management Unit (SPMU) sebagai sarana untuk mendorong akses UMKM terhadap kredit Lembaga Keuangan dan Perbankan, maka pada tanggal 11 Juli tahun 2003 Gubernur Jawa Barat bersama Deputi Gubernur Bank Indonesia meresmikan pendirian lembaga yang diberi nama Pusat Pengembangan Pendamping Usaha Kecil Dan Menengah yang kemudian dikenal sebagai P3UKM.
Pada 11 Juli 2008 P3UKM telah berusia lima tahun. Pada usianya yang kelima  P3UKM patut berbangga hati karena peranannya dan pengabdiannya dalam pemberdayaan UMKM di Jawa Barat masih diakui oleh Pemerintah Provisinsi Jawa Barat, Bank Indonesia serta stakeholder lainnya. Pada tanggal 31 Juli 2008,  Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Bank Indonesia menandatangani Kesepakatan Bersama tentang “Kerjasama Pengembangan Ekonomi Dan Peningkatan Daya Saing Daerah” ,  yang dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Bank Indonesia dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat tentang “Peningkatan Peran Pusat Pengembangan Pendamping Usaha Kecil Dan Menengah (P3UKM) Dalam Pemberdayaan Koperasi Dan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (KUMKM)”.
Ikhtiar stakeholder dalam memadukan sumberdaya yang dimilikinya secara sinergis guna Pengembangan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Jawa Barat melalui penandatanganan Perjanjian Kerjasama “Peningkatan Peran Pusat Pengembangan Pendamping Usaha Kecil Dan Menengah (P3UKM) Dalam Pemberdayaan Koperasi Dan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (KUMKM)” diharapkan mampu meningkatkan peran P3UKM dalam membina para pendamping UMKM menjadi lebih berkualitas dan produktif dalam meningkatkan kemampuan akses UMKM di Jawa Barat terhadap layanan keuangan dari lembaga keuangan/perbankan. 
Semoga hal tersebut menjadikan P3UKM lebih dewasa dan lebih mantap dalam melakukan tugas pengabdiannya; turut serta dalam pemberdayaan sektor rill dan UMKM di Jawa Barat.

 

 

6 thoughts on “PUSAT PENGEMBANGAN PENDAMPING USAHA KECIL DAN MENENGAH

    • Bisa, Syarat :
      1. Usaha koperasi sudah berjalan minimal 2 tahun
      2. LAPORAN RAT 2TAHUN TERAKHIR
      3. SIAPKAN LEGALITAS (SIUP, TDP, NPWP)
      4. SUSUNAN ORGANISASI KOPERASI
      5. SURAT KETERANGAN PENGURUS DR DISKOP
      6. KALO ADA SERTIFIKASI ATAU KLASIFIKASI KOPERASI DR DISKOP.
      7. COPY KTP PENGURUS
      8. RISALAH RAPAT ANGGOTA YANG ISINYA MENGHENDAKI MEMPEROLEH MODAL DR BANK
      TERAHIR CARI DEH BANKNYA, YANG SY TAHU BNI, BRI, BAN SAUDARA

    • Bisa langsung di notaris yang sudah memiliki izin membuat akte pendirian koperasi, tetapi sebaiknya sudah dipersiapkan lebih dahulu (supaya td terlalu mahal)

  1. Bisakah kami para pengusaha non koperasi atau perorangan mendapatkan fasilitas Kredit , dan bagaimana atau apa yang mesti kami lakukan, trims .

    • Pada dasarnya perorangan pun bisa
      Biasanya persyaratan administrasi pengajuan kredit modal kerja bagi perorangan :
      – Copy KTP calon debitur dan pasangan
      – Copy kartu keluarga
      – Copy buku nikah
      – Nota pembelian dan penjualan min 1 tahun atau laporan keuangan
      – Copy rekening tabungan min 6 bulan
      – Copy SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan)
      – Copy TDP (Tanda Daftar Perusahaan)
      – Copy NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
      – Copy jaminan
      Yang penting lagi usaha emang layak dibiayai, tidak terlalu beresiko dan tidak bertentangan dengan hukum
      Malah untuk perorangan (khusus kredit konsumtif atau yang sekarang marak seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA) bukan kredit tanpa angsuran
      biasanya cman mensyaratkan slip gaji, surat keterangan kerja, FC KTP dan kartu keluarga

Silahkan Komentari

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s